Tips Merawat Aquascape Air Tawar

Sunday, October 16, 2016

Dunia Ikan Hias - Aquascape akan tampah indah jika air yang ada dalam akuarium memiliki kejernihan yang tetap terjaga secara terus menerus. Air yang keruh akan menghalangi tampilan indah dan juga mengganggu cahaya yang masuk ke tanaman air sehingga tanaman didalamnya akan rusak. Namun menjaga kejernihan air aquascape tidaklah semudah yang dikira.

Dunia Ikan Hias - Tips Merawat Aquascape Air Tawar

Tips Merawat Aquascape Air Tawar

Berikut ini beberapa cara merawat aquascape air tawar kesayangan anda yang bisa dipraktikkan sendiri dirumah.

1. Seimbangkan Penguapan Air

Penguapan air yang ada dalam akuarium dapat membuat konsentrasi bahan-bahan seperti garam, kalsium, bahan kimia serta bahan polutan masil metabolisme ikan meningkat dan lebih pekat sehingga menyebabkan ikan sakit dan mati. Penguapan air akan terjadi lebih banyak pada akuarium yang mendapat cahaya yang berlebih atau terkena caha matahari langsung.

Untuk mengatasi kepekatan substrat dalam air akibat penguapan, bisa dilakukan dengan menambahkan air baru kedalam akuarium dan tergantung dari banyaknya air yang menguap. Cara lainnya adalah menjaga agar akuarium tidak panas dan tidak terkena cahaya yang berlebihan dan menyebabkan suhu air meningkat.

2. Membersihkan Kaca Akuarium

Aquascape yang berisi tanaman air hidup membutuhkan cahaya atau penyinaran yang baik, namun disisi lain juga menyebabkan pertumbuhan lumut didinding kaca akuarium yang mengganggu pandangan kita. Beberapa langkah yang dapat digunakan untuk mengatasi ini adalah dengan menambahkan hewan pemakan lumut seperti siamese pemakan alga, siput malaysia, siput kolam ataupun udang red cherry.

Langkah lain yang juga bisa dilakukan adalah dengan menggunakan obat anti lumut atau alga seperti Stop Algae dan Vitriol 5%. Penggunaan obat ini harus mengikuti aturan yang tertera dalam kemasan obat tersebut karena jika berlebih akan mematikan tanaman air aquascape kita.

Cara lain adalah melakukan pembersihan manual menggunakan alat pembersih seperti silet, busa resin atau dacron. Pembersihan ini tidak berdasarkan aturan, tetapi lebih berdasarkan pantauan kita saja jika terlihat lumut di dinding akuarium kita bisa membersihkannya.

Penggantian air juga dapat dilakukan untuk menjaga kejernihan air akuarium terutama akuarium yang jumlah ikannya cukup padat. Frekwensi penggatian air bisa dilakukan tiap minggu sebanyak 20-30 persennya atau tiap bulan sebanyak 50-60 persennya dari volume air akuarium.

Ingat, air yang ditambahkan ini sebaiknya diendapkan selama semalam dan di aerasi untuk mengurangi kadar kaporit yang mungkin ada dalam air tersebut. Karena kadar kaporit yang tinggi bisa mematikan ikan dan tanaman air aquascape.

3. Pemupukan Tanaman Air

Tanamana air juga membutuhkan nutrisi agar dapat tumbuh baik dan sehat, sehingga pemupukan tanaman dalam air juga merupakan hal penting karena jika tidak diberi nutrisi maka tanaman akan tidak tumbuh dan mati yang ahirnya mengganggu keseimbangan aquascape.

Pupuk yang biasa digunakan adalah pupuk cair yang bisa didapat hampir disemua toko-toko aquascape yang ada. Pemupukan harus teratur dan memperhatikan takaran pemberian sesuai yang tertera pada petunjuk pemakaian dalam kemasan pupuk.

4. Mengecek Sistem Filter Air

Kebersihan filter harus dijaga karena kotoran yang mengendap pada filter dapat memperberat kerja filter dan mengurangi pergerakan air aquarium. Jadi bersihkan filter setidaknya seminggu sekali agar kwalitas air tetap terjaga baik.

5. Bersihkan Substrat

6. Perawatan Tanaman Air

7. Pantau dan Cek Mutu Air