Tips Memilih Akuarium Ikan Mas Koki

Sunday, October 16, 2016

Dunia Ikan Hias - Akuarium yang juga disebut “tank” merupakan container yang didesign untuk menampung kehidupan air. Hal pertama yang harus ditentukan adalah tipe akuarium yang dipakai. Ada tiga pilihan yakni kaca plastic (bahan akrilik), kaca, dan plastic.

Dunia Ikan Hias - Tips Memilih Akuarium Ikan Mas Koki

Mangkuk merupakan media yang kurang cukup untuk ikan mas koki. Bahan plastic biasanya dipakai untuk ukuran yang kecil dan dijual satu paket untuk kalangan anak-anak. Jadi untuk ikan mas koki pilihan yang paling baik adalah jenis plexiglass dan kaca.

Kami tidak menyarankan menggunakan mangkuk plastic atau akuarium plastic untuk memelihara mas koki dirumah.

Tips Memilih Akuarium Untuk Ikan Mas Koki

Berikut ini adalah beberapa penjelasan terkai bahan akuarium yang menurut kami bagus yakni bahan kaca dan bahan plexiglass. Masing-masing bahan memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

Kotak Akuarium Berbahan Kaca

Kotak akuarium berbahan kaca adalah jenis yag paling popular dan paling banyak dibuat. Kotak kaca ini dipotong sedemikian rupa dan dirangkai menggunakan lem kaca berbahan silicon agar air tidak merembes diantara sambungan kaca.

Akuarium kaca memiliki keunggulan yakni tahan gores dan murah namun kekurangannya yakni berat. Karena kaca bersifat sangat padat dan kompak, maka diperlukan penahan pada setiap ujung-ujungnya. Kaca juga sangat rentan pecah sehingga diperlukan pengawasan yang baik.

Kotak Akuarium Berbahan Plexiglass (Acrylic)

Kotak akurium berbahan ini cendrung harganya mahal karena biasanya tidak menyudut pada tepiannya dan sangat jernih sehingga pandangan dalam akuarium sangat jelas. Bahan plexiglass ini kejernihannya lebih jernih dari kaca manapun.

Akuarium modern kebanyakan terbuat dari bahan ini karena sifatnya yang lebih flexible dari kaca sehingga mampu menahan benturan yang keras tanpa takut pecah, namun bagian bawah sandaran kotak harus dialasi secara merata tidak seperti kotak kaca yang bisa diberi sandaran hanya pada ujung-ujungnya.

Kekurangan bahan ini adalah tidak tahan goresan karena pada dasarnya bahannya seperti plastic. Bahan dekorasi akuarium seperti batu dan karang pada kotak kaca tidak akan meninggalkan goresan, namun pada bahan plexiglass akan dapat menggores dinding akuarium. Selain itu karena sifat kimia bahan akrilik maka setelah beberapa tahun akan mengalami perubahan warna secara kimiawi menjadi berwarna kekuningan.

Meskipun bahan akrilic memiliki kejernihan dan lebih lentur dari kaca, kebanyakan orang masih memilih bahan kaca sebagai kotak akuarium ikan mas koki mereka, mungkin karena mereka malas mengganti container akuarium setelah bertahun-tahun dan takut dekorasi dalam akuarium menggores kotak akuarium yang berbahan plexiglass.

Ukuran Akuarium Ikan Mas Koki

Ukuran akuarium dan daya tamping airnya sangat menentukan kwalitas ikan yang kita pelihara. Semaik besar ukuran akuarium akan semakin baik bagi kehidupan ikan dan tanaman dalam akuarium, namun semakin besar memerlukan perawatan yang lebih merepotkan karena ukurannya.

Ukuran akuarium yang terbaik adalah minimal dapat menampung sekitar 38 liter air meskipun memelihara ikan kecil sekalipun karena volume air ini cukup optimal bagi pertumbuhan ikan yang kita pelihara.

Besarnya ukuran akurium yang kita punya menentukan jumlah ikan yang dapat kita pelihara didalamnya. Normalnya, rasio ukuran ikan dan air adalah 1 inchi panjang ikan per 3,8 liter air. Jadi perhitungannya, akuarium dengan 38 liter air dapat menampung 10 ikan mas koki berukuran 1 inchi atau 5 ikan berukuran 2 inchi.

Karena ikan mas koki cendrung lebih sering mengeluarkan kotoran maka sebaiknya rasionya adalah 38 liter akan optimal untuk memelihara 5 mas koki berukuran 1 inchi. Dengan ukuran ini akan memberikan ruang gerak bagi ikan dan ruang tanaman air serta dekorasi lainnya yang optimal.

Meja Penahan Akuarium

Semakin besar ukuran akuarium, maka diperlukan alas penahan atau meja yang lebih kuat. Kotak akuarium kaca yang lengkap dengan air dan dekorasi didalammnya seperti batu, kerikil, pasir akan menambah berat akuarium sehingga diperlukan penahan yang lebih kokoh.

Tabel dibawah ini bisa dijadikan perkiraan kasar antara berat akuarium dengan volume air akuarium. Pada tabel berikut hanya berdasarkan volume air saja, tidak termasuk dekorasi didalamnya seperti batu, pasir atau yang lainnya. Jadi akan lebih berat jika dekorasinya banyak.

Volume Air Perkiraan Berat Akuarium
20 Liter 19 Kg
38 Liter 37 Kg
110 Liter 106 Kg
209 Liter 200 Kg
Tabel perkiraan kasarberat akuarium diatas dapat dijadikan perbandingan perkiraan seberapa beratkah akuarium yang kita miliki dan memerlukan meja dudukan yang sekuat apa agar tidak roboh nantinya.