JENIS JENIS IKAN HIAS PREDATOR AIR TAWAR

Saturday, October 15, 2016

Dunia Ikan Hias - Banyak penghobi menyukai keindahan ikan hias dari warna dan bentuknya yang lucu dan menggemaskan, namun banyak juga penggemar ikan hias yang lebih tertarik pada ikan yang berwajah sangar atau pada ikan  yang suka memangsa ikan-ikan dengan buasnya atau lebih kita kenal dengan istilah ikan Predator. Ikan ikan Predator ini biasanya akan berukuran besar saat dewasa. Banyak jenis ikan hias air tawar yang termasuk ke dalam kategori ikan predator di antaranya ialah jenis Arwana, Peacock Bass, Aligator Gar, Piranha, Araipama, Catfish (Red Tail Catfish, Jaguar Catfish), Cichlid Amerika ( Wolf Cichlid, Jaguar Cichlid, Oscar), Snake Head (Gabus Toman),African TigerFish, Payara Armatus/VampireFish, Datnoid / Tigerfish,Wolf Fish , Chinese Perch dan banyak lagi.

Dunia Ikan Hias - Ikan Predator

Perilaku ikan predator saat di beri makan ini salah satu yang menjadikan magnet bagi para hobiis untuk memeliharanya. Gerakannya yang gesit dan nafsu makannya yang besar merupakan ciri khas dari ikan jenis predator ini. Walaupun ikan predator ini dapat dilatih untuk makan makanan beku, tetapi kebanyakan lebih menyukai untuk memberikan pakan hidup pada ikan jenis ini.

Untuk memelihara ikan-ikan predator ini sebaiknya kita menyiapkan akuarium berukuran besar karena sebagian besar diantara ikan hias ini tumbuh dengan sangat cepat dan bahkan ada yang berukuran hingga 1 meter lebih. Tidak ada salahnya sedikit survey sebelum kita memutuskan apabila kita hendak memelihara salah satu jenis ikan predator ini.

Beberapa dari jenis ikan predator ini memiliki gigi yang sangat tajam dan bertingkah agresif ketika kita memasukkan tangan ke akuarium kita. Oleh karena itu kita perlu berhati-hati apabila kita hendak bermain dengan ikan predator kesayangan kita.

Beberapa ikan predator yang ada di pasaran antara lain :

Red Belly Piranha (RBP)

Dunia Ikan Hias - Red Belly Piranha

Sekilas ikan buas dari sungai Amazon ini mirip dengan bawal (Pacu), oleh karena itu sebaiknya berhati-hati agar tidak membeli jenis yang salah. Gigi mereka yang setajam silet sanggup merobek mangsa dengan mudah.

Ikan Buaya / Gar ( Alligator Gar, Florida Gar)

Dunia Ikan Hias - Alligator Gar, Florida Gar

Walaupun ada 7 Jenis Gar yang banyak di temui ialah alligator gar dan florida gar. Ikan Predator ini rata-rata mencapai ukuran maksimal lebih dari 1 meter. Bahkan alligator gar bisa mencapai ukuran 3 meter.   

Peacock Bass (Cichla Monoculus, Cichla Oscelaris, Cichla Temensis)

Dunia Ikan Hias - Peacock Bass

Ikan berwajah seram tapi memiliki warna yang cantik ini berasal dari amazon. Ikan predator jenis peacok bass ini mampu tumbuh hingga lebih dari 50 cm ketika dewasa. Merupakan ikan pemangsa yang pandai berburu dengan nafsu makan yang besar. Peacock Bass ini memiliki gerakan secepat kilat untuk menangkap mangsanya.

Arwana

Dunia Ikan Hias - Arwana

Ikan arwana ini merupakan salah satu ikan predator "purba" yang paling populer. Selain karena warnanya dan bentuk tubuhnya yang indah, beberapa kalangan juga menganggap ikan ini sebagai pembawa hoki. Namun di balik keindahannya ikan ini memiliki naluri predator yang ganas.  

Red Tail Catfish

Dunia Ikan Hias -Red Tail Catfish

Ikan sejenis lele asal Amerika ini akan memangsa apapun yang masuk ke dalam mulutnya.Ikan ini akan tumbuh hingga 1,5 meter. Jadi siapkan akuarium yang sangat besar apabila anda berniat memeliharanya hingga dewasa.

Wolf Fish (Hoplias Spesies)

Dunia Ikan Hias - Wolf Fish

Walaupun Wolf Fish ini jarang di temui di perjualbelikan ikan ini termasuk salah satu ikan predator yang sangat ditakuti.

Snake Head Fish (Chana Spesies)

Dunia Ikan Hias - Snake Head Fish


Ikan Snake Head atau gabus ini memiliki bentuk kepala seperti ular dan merupakan salah satu ikan predator yang buas.

Palmas (Polypterus Palmas )

Dunia Ikan Hias - Palmas

Ikan predator jenis palmas ini memiliki tampilan seperti ikan jaman purba. Mereka termasuk ikan yang suka berada di dasar akuarium.

Datnoid / Tigerfish

Dunia Ikan Hias - Datnoid (Tigerfish)

Ikan yang memiliki warna loreng seperti harimau ini merupakan salah satu jenis predator yang cukup menarik untuk di koleksi. Ikan yang menangkap mangsanya dengan "menghisap" ikan ke dalam mulutnya yang lebar. Indonesia memiliki jenis ikan Datnoid ini yaitu yang dikenal dengan Indo Datz dan Papua Datz / NGT. Namun yang paling di minati karena warnanya yang paling cantik yaitu Siamese Datnoid.

PAYARA ARMATUS ( HYDROLYCUS ARMATUS )

Dunia Ikan Hias - PAYARA ARMATUS

Ikan Payara merupakan ikan predator yang berasal dari Amerika Selatan. Ikan ini unik karena payara ini memiliki gigi "taring" oleh karena itu ikan yang bernama latin hidrolycus armatus ini juga sering di juluki Vampire Fish.

AFRICAN TIGER FISH ( HYDROCYNUS VITTATUS )

Dunia Ikan Hias - AFRICAN TIGER FISH

Ikan African Tiger Fish ini merupakan ikan predator dari Afrika.  Ikan ini termasuk  piscivorous alias pemakan ikan. Panjang ikan ini maksimal bisa mencapai 1 meter.


Wolf Cichlid

Dunia Ikan Hias - Wolf Cichlid

Ikan yang terkenal sangat agresif ini merupakan salah satu predator ganas dari keluarga cichlid Amerika. Mereka mempunyai gigi yang tajam dan tidak ragu untuk merobek mangsanya, termasuk tankmate yang tidak disukainya.


Jaguar Cichlid

Dunia Ikan Hias - Jaguar Cichlid

Ikan yang memiliki pola marking indah ini merupakan termasuk salah satu predator yang agresif, dengan rahang yang kuat dan gigi tajamnya ikan ini memiliki peralatan tepat untuk menjadi pemangsa hebat.

Oscar

Dunia Ikan Hias - Oscar

Merupakan salah satu ikan predator yang berasal dari Amerika Selatan. Ikan yang termasuk ke dalam kelompok cichlid/siklit ini merupakan ikan yang sangat populer di kalangan hobiis. Ikan ini dilaporkan mampu tumbuh hingga ukuran 45 cm. Ikan yang bernama Astronotus ocellatus latin ini merupakan salah satu predator yang rakus dan akan memakan ikan apapun yang masuk ke dalam mulutnya.