Manfaat Tanaman Hias Air Dalam Aquarium Hias

Sunday, October 16, 2016

Dunia Ikan Hias - Akuarium merupakan salah satu habitat buatan manuasia bagi ikan dalam bentuk miniatur yang didesign sedemikian rupa sehingga nampak indah. Unsur-unsur didalamnya seperti air, ikan hias dan juga tanaman air merupakan satu kesatuan yang menghasilkan pemandangan akuarium yang indah.

Dunia Ikan Hias - Manfaat Tanaman Hias Air Dalam Aquarium Hias

Pada awalnya orang-orang memiliki akuarium hanya untuk menikmati keindahan ikannya saja, namun semakin lama orang mulai merasa bahwa akuarium kurang indah tanpa tanaman air atau benda-benda alami lainya seperti batu dan pasir.

Tanaman Air Akuarium

Manfaat tanaman air bagi akuarium tak hanya menambah kesan alami dan kecantikan akurium tetapi juga memiliki faedah yang bermanfaat bagi ikan itu sendiri. Tanaman air dalam akuarium dapat digunakan untuk memantau mutu air akuarium, karena jika tanaman airnya sehat maka mutu air juga dipastikan baik bagi tanaman dan ikan hias kita. Demikian sebaliknya jika tanaman air dalam akuarium mati, hal ini menunjukkan ada hal yang tidak baik terjadi dalam akuarium yang juga berpotensi mengancam ikan hias kita.

Selain menambah indahnya akuarium, tanaman air juga bermanfaat karena mampu menyerap kotoran ikan serta kotoran yang melayang di air. Dengan diserapnya kotoran ikan maka kejernihan air juga dapat dipertahankan dengan baik lebih lama, pH air dapat stabil dan air tidak cepat kotor.

Tanaman yang ada dalam akurium jika hidup dengan baik maka akan dapat menghasilkan oksigen pada waktu melakukan asimilasi dengan menyerap karbondioksida dan melepaskan oksigen kelingkungan air dan membuat ikan-ikan menjadi nyaman dan sehat. Selain itu tanaman air juga sebagai tempat berlindung ikan-ikan baik dari ikan yang lebih besar ataupun dari cahaya luar yang berlebihan.

Tanaman air juga dapat menyediakan habitat alami ikan dan makanan seperti ganggang yang melekat pada tanaman. Tanaman air juga dapat digunakan oleh ikan sebagai tempat bertelur yang aman bagi ikan-ikan hias kita.

Penentuan tanaman sebaiknya menyesuaikan dengan jenis ikan hias yang dipelihara dan besar kecilnya akuarium yang kita miliki. Tanaman yang disusun dengan baik akan terlihat indah dan mendukung kehidupan akuarium sehingga ikan-ikan bisa hidup nyaman dalam habitat buatan tersebut.