JENIS IKAN LOUHAN TERMAHAL DAN TERBESAR DI DUNIA

Friday, October 14, 2016

Dunia Ikan Hias - Kamu pernah memelihara atau bahkan membudidaya ikan louhan? Kita mungkin pernah memelihara ikan hias air tawar ini walaupun belum tahu mengenai ikan ini. Mungkin juga kita memelihara ikan louhan karena mengikuti trend saja.

Ikan louhan (bahasa Inggris: Flowerhorn) berasal dari keluarga Cichlidae. Pada awalnya hanya berhabitat di Taiwan dan Malaysia, tetapi saat ini sudah banyak dipelihara oleh penggemar ikan hias bahkan hampir di seluruh dunia.

Ikan hias ini mempunyai ciri khas jenong dengan beberapa warna yang mencolok, sampai saat ini ikan louhan masih memiliki penggemar tersendiri. Karena ikan ini adalah salah satu ikan hias yang paling terkenal untuk dipelihara di dalam akuarium.

Keunikan dari sisik serta benjolan yang berbentuk khas berjuluk “benjol kelam” tersebut membuat semua orang ingin mempunyai ikan hias ini.

Ikan hias air tawar ini memang pernah menjadi ikan hias primadona di Indonesia pada awal tahun milenium. Hampir setiap di rumah ada akuarium untuk memelihara ikan ini. Para pembudidaya ikan louhan juga mendapatkan banyak rezeki dari trend ikan hias saat itu.

Sebagian dari pembudidaya ikan louhan bahkan sampai kehabisan stok karena sangat banyaknya permintaan pada jenis ikan hias yang satu ini.

Tetapi yang uniknya pada saat itu, sebagian besar orang yang memelihara ikan ini belum tahu mengenai jenis ikan louhan apa yang mereka pelihara.

Memang cukup unik trend ikan louhan pada saat itu. Meskipun saat ini trend ikan louhan telah sedikit mereda. Mungkin karena jenis dan harga ikan louhan yang kian melejit tinggi.

Maka untuk mengenang kejayaan ikan hias ini, mari kita bernostalgia sedikit tentang beberapa jenis ikan louhan ini.

Saatnya kita membahas jenis-jenis ikan louhan termahal dan terbesar yang paling populer di Dunia. Mungkin saja dari beberapa jenis ikan ini, ada jenis ikan louhan yang pernah kamu pelihara atau bahkan sampai sekarang masih kamu pelihara.

JENIS IKAN LOUHAN CENCU ATAU ZENZHU

Dunia Ikan Hias - IKAN LOUHAN CENCU ATAU ZENZHU

Jenis ikan louhan yang pertama adalah Ikan louhan cencu atau zenzhu disebut juga ikan louhan mutiara. Jenis ikan louhan ini mempunyai khas bintik-bintik kecil seperti mutiara di seluruh tubuhnya. Ikan louhan cencu saat ini dibagi menjadi dua macam yaitu klasik dan modern.

Ikan louhan cencu klasik memiliki warna merah cerah dan warna merahnya lebih dominan. Mutiaranya lebih sedikit bila dibandingkan dengan ikan louhan cencu modern. Ikan louhan cencu klasik berukuran jauh lebih besar dibandingkan dengan ikan louhan cencu modern.

Tetapi jenong kepalanya lebih kecil dari pada ikan louhan cencu modern. Sedangkan ikan louhan cencu modern mempunyai mutiara jauh lebih banyak, bahkan bintik-bintik seperti mutiara itu muncul sampai pada bagian kepala dan pipinya.

Jika kita perhatikan antara kedua macam ikan louhan cencu ini, ikan louhan cencu modern akan jauh lebih indah. Ikan louhan cencu modern juga mempunyai jenong yang lebih besar dari ikan louhan klasik.

Bahkan jenong yang ada pada ikan louhan modern telah terlihat saat louhan ini masih kecil, meskipun hanya sebatas waterhead.

Harga ikan louhan cencu atau zenzhu ini di tawarkan berkisar dari Rp 40.000 s/d Rp 1.250.000,- .

JENIS IKAN LOUHAN KAMFA ATAU GOLDEN FLOWER

Dunia Ikan Hias - IKAN LOUHAN KAMFA ATAU GOLDEN FLOWER

Jenis ikan louhan selanjutnya adalah Ikan louhan kamfa atau disebut juga ikan louhan golden flower. Ikan louhan ini termasuk dalam jenis ikan louhan yang populer dikalangan para pecinta ikan hias sampai saat ini.

Ikan louhan kamfa sangat mudah kita kenali dengan ciri khas sirip yang lebar dan lebih kaku bila dibandingkan dengan jenis ikan louhan lainnya. Bahkan sirip bagian atas anakan ikan louhan ini telah terlihat lebih besar dari sirip anakan ikan louhan lainnya.

Tetapi ikan hias air tawar yang satu ini tidak memiliki marking di badan atau kepalanya. Jika ada ikan louhan ini yang mempunyai marking, kemungkinan besar ikan louhan ini hasil dari perkawinan silang dengan jenis ikan louhan lainnya.

Harga ikan louhan kamfa atau golden flower di tawarkan bisa mencapai  Rp. 200 juta per ekor.

JENIS IKAN LOUHAN GOLDEN RED

Dunia Ikan Hias - IKAN LOUHAN GOLDEN RED

Ikan louhan golden red merupakan jenis ikan louhan yang berasal dari Thailand. Ikan yang biasa disebut juga dengan ikan louhan golden trimaculatus ini memiliki perpaduan warna merah dan kuning.

Perpaduan warna tersebut tidak akan terlihat ketika ikan louhan golden red ini masih kecil. Bahkan ketika masih kecil, jenis ikan hias ini sangat mirip dengan louhan cencu.

Untuk bisa mendapat perpaduan warna merah dan kuning yang indah, ikan louhan golden red akan bermutasi terlebih dahulu. Mutasi yang dimaksud disini yaitu perubahan sisik pada ikan tersebut.

Proses mutasi terdapat beberapa tahap yaitu sisik dari warna biasa (seperti warna ikan louhan pada umumnya saat masih kecil) menjadi warna hitam arang. Lalu warna ini akan berubah ke warna terakhir yaitu perpaduan warna merah dan kuning.

Rekor harga termahal pada jenis ikan louhan golden super red ini mencapai Rp. 900 juta.

JENIS IKAN LOUHAN SUPER RED TEXAS (SRT)

Dunia Ikan Hias - IKAN LOUHAN SUPER RED TEXAS (SRT)

Ikan louhan super red texas adalah salah satu jenis ikan louhan yang juga berasal dari Thailand.

Jenis ikan louhan ini adalah hasil dari persilangan antara ikan louhan texas chiclid yang berwarna abu-abu dengan ikan louhan golden red atau jenis red lainnya. Sehingga menghasilkan ikan louhan super red texas yang indah ini.

Harga ikan louhan super red texas rata-rata ukuran 2 incinya adalah Rp. 500.000 per ekor

JENIS IKAN LOUHAN RAINBOW KING

Dunia Ikan Hias - IKAN LOUHAN RAINBOW KING

Ikan louhan rainbow king adalah jenis ikan louhan yang mempunyai marking yang berbeda dengan jenis lainnya. Ikan louhan ini mempunyai marking horisontal, badan kotak dan perpaduan warna merah dan kuning, namun ada juga yang mempunya warna biru.

Perpaduan warna tersebut menjadikan louhan ini terlihat sangat indah. Tidak heran jika ikan louhan rainbow king merajai kontes louhan internasional. Karena hal tersebut, tidak sedikit pembudidaya ikan louhan yang menjual louhan kamfa, namun menyebutnya louhan rainbow king.

Jika kamu ingin membeli ikan louhan rainbow king, pastikan terlebih dahulu bahwa ikan tersebut adalah louhan rainbow king. Kenali ciri-ciri jenis ikan louhan ini agar kamu tidak tertipu.

Harga ikan louhan rainbow king yang marking horisontalnya telah muncul walaupun masih anakan di tawarkan sekitar Rp 1.000.000 per ekor.

JENIS IKAN LOUHAN SUPER RED SYNSPILLUM (SRS)

Dunia Ikan Hias - IKAN LOUHAN SUPER RED SYNSPILLUM (SRS)

Satu lagi jenis ikan louhan yang berasal dari Thailand yaitu ikan louhan super red synspillum. Ikan louhan ini dijuluki sebagai kamfa-nya Thailand. Louhan ini mempunyai warna merah bata dan sedikit orange.

Untuk mengetahui jenis ikan louhanini, kamu bisa melihat warna matanya yang merah atau kuning, siripnya kaku dan lebar, jenongnya waterhead dan tidak mempunyai marking pada kepalanya.

Harga ikan louhan super red synspillum dari anak yang berukuran beberapa inci bisa mencapai Rp 500.000 per ekor.

JENIS IKAN LOUHAN STROM

Dunia Ikan Hias - IKAN LOUHAN STROM

Jenis ikan louhan yang terakhir yaitu ikan louhan strom. Jenis ikan louhan ini termasuk yang masih baru. Ikan louhan ini juga berasal dari Thailand dan masih belum banyak informasi mengenai jenis louhan ini.

Namun bila diamanti, jenis ikan louhan ini mempunyai marking horisontal dan mutiaranya besar-besar.

Demikian 7 jenis ikan louhan termahal dan terbesar di dunia yang sering menjadi perbincangan dan yang banyak digandrungi oleh penggemar ikan hias.

Semoga informasi yang telah dipaparkan diatas dapat menambah wawasan untuk kita semua. Jika ada pertanyaan atau kritik dan saran silahkan langsung saja memberikan komentar dibawah ini.