10 Jenis Ikan Hias Air Laut yang Mudah dipelihara

Saturday, October 15, 2016


Dunia Ikan Asin - Sangat menyenangkan bukan memelihara ikan hias air laut di aquarium? Bentuk dan warnanya yang lucu-lucu bahkan ikan-ikan air laut dikenal lebih agresif.

Dunia Ikan Hias - Ikan Hias Laut

Jika dibandingkan dengan beberapa jenis ikan air tawar, ikan hias air asin lebih variatif warna dan bentuknya.

Memelihara ikan hias air laut tidak mudah, butuh perawatan yang ekstra daripada ikan hias air tawar. Jika sebelumnya belum pernah memelihara ikan hias air laut, ada baiknya untuk memulai dengan memelihara ikan yang dikategorikan pemula.

Karena sudah jelas sekali, ikan hias air laut jauh berbeda dengan ikan hias air tawar. Biasanya ikan hias air tawar dengan mudah untuk mendapatkan air yang mana setiap hari kita semua menggunakan air tawar.

Namun jika ikan hias air laut jauh lebih sulit, karena tidak bisa hidup di air tawar, mereka tidak bisa beradaptaasi dengan lingkungannya. Tidak hanya itu, memelihara ikan air laut juga membutuhkan aquarium yang lebih besar dan perlu mengganti airu secara teratur agar tetap bersih.

Berikut ini 10 jenis ikan hias air laut yang dapat diperihara dengan mudah :

Ikan Hias Air Laut Watchman Gobies

Dunia Ikan Hias - Watchman Gobies

Ikan hias watchman gobies dengan nama ilmiahnya Cryptocentrus. Ikan tersebut terkenal dengan beberapa pola, tapi pola yang terkenal ialah bluspotted dan pink spotted watchman goby.

Watchman goby merupakan ikan yang agresif dan salah satu dari sekian spesies ikan hias air asin yang cocok bagi para pemula yang ingin memelihara, karena ikan hias air laut iini memiliki daya tahan tubuh yang kuat serta kemampuan berenangnya.

Makanan pokok untuk ikan hias watchman biasanya memakan udang kecil.


Ikan Hias Air Laut Angelfish

Dunia Ikan Hias - Angelfish

Angelfish merupakan ikan yang memiliki nama ilmiah Pomancanthidae. Ikan tersebut memiliki pipih lebar yang telah menjadi ciri khususnya. Banyak sekali pola untuk jenis ikan hias air laut ini.

Hampir semua jenisnya memiliki ciri khusus yakni, motif garis-garis pada setiap sisi tubuh ikan.

Ikan Hias Air Laut Blue Devil

Dunia Ikan Hias - Blue Devil

Ikan hias air laut blue devil memiliki nama ilmiah Paraplesiops bleekeri. Merupakan ikan yang memiliki tubuh estetis, nama ikan tersebut tidak seseram bentuknya.

Tubuhnya yang tidak terlalu besar, tidak perlu menggunakan aquarium yang super besar karena rata-rata jenis ikan ini cenderung ramping dan kecil dengan warna biru di bagian tubuh berbintik putih.

Baiknya jika ingin memelihara ikan hias air asin blue devil berikan beberapa ornamen karang di aquarium, karena di habitat aslinya ikan ini suka berenang diantara karang-karang.

Ikan Hias Air Laut Botana Blue Tang

Dunia Ikan Hias - Botana Blue Tang

Paracanthurus hepatus merupakan nama ilmiah dari ikan hias air laut botana blue tang. Blue tang lebih terkenal dengan nama botana oleh para pecinta ikan di indonesia.

Ikan ini memiliki banyak jenis, diantaranya botana biru, botana kasur dan botana kacamata. Ikan botana merupakan sebuah karakter ikan yang bernama “Dory” dalam film “Finding Nemo”, jika kamu pernah menontonnya pasti tahu.

Ikan Hias Air Laut Yellow Tang

Dunia Ikan Hias - Yellow Tang

Masih dalam keluarga tang, yakni yellow tang yang mana merupakan jenis ikan yang cocok bagi pemula untuk memelihara ikan hias air asin sebagai penghias ruangan.

Dalam nama ilmiahnya yellow tang memiliki nama zebrasoma flavenscens dan dalam keluarga tang merupakan jenis yana paling aktif bergerak.

Ikan Hias Air Laut Neon Tetra

Dunia Ikan Hias - Neon Tetrajpg

Neon tetra memiliki nama ilmiah Paracheirodon innesi dan habitatnya banyak yang tinggal di daerah kolombia dan peru.

Neon Tetra merupakan ikan yang dikenal dengan kekhasan warna keemasan bergaris tipis berwarna biru menyerupai lampu neon dibagian tubuh belakang hingga ke bagian dekat mata.

Ikan Hias Air Laut Badut Clownfish

Dunia Ikan Hias - Badut Clownfish

Siapa yang tidak kenal dengan ikan badut clownfish? Ikan ini merupakan pemeran utama dalam film “Finding Nemo”. Jenis ikan hias air laut ini memiliki nama ilmiah amphiprioninae.

Bamyak yang tidak mengetahui mengapa ikan hias tersebut di juluki ikan badut, mungkin karena warnanya yang menyerupai kostum badut.

Ikan yang lucu ini sangat senang sekali bersembunyi diantara terumbu karang, jadi jika ingin memeliharanya ikan hias air asin clownfish harus menyediakan karang di aqurium, agar ikan ini merasa berada di habitatnya.

Ikan Hias Air Laut Lion Fish

Dunia Ikan Hias - Lion Fish

Lion fish merupakan ikan hias air laut termasuk dalam keluarga Scorpaenidae yang mana mempunyai nama ilmiah Pterois. Ikan ini memiliki ornamen-ornamen ditubunya yang berbentuk seperti duri.

Perlu diperhatikan untuk lebih selektif ikan mana saja yang bisa dicampur dalam satu aquarium, karena makanan ikan lion fish sedikit berbeda dengan makanan ikan hias air asin lainnya.

Ikan Hias Air Laut Dottyback

Dunia Ikan Hias - Dottyback

Ikan hias dottyback ialah ikan yang tinggal di perairan laut daerah tropis dan sub trops indo pasifik yang terkenal memiliki terumbu karang sangat melimpah.

Pseudochromidae merupakan nama ilmiah dari ikan hias air asin dottyback. Karena habitatnya banyak sekali di perairan laut indonesia, jadi sangat direkomendasikan memelihara ikan ini di aquarium rumah anda.

Ikan Hias Air Laut Butterfly Fish

Dunia Ikan Hias - Butterfly Fish

Butterfly fish memiliki nama ilmiah ialah chaetodontidae yang memiliki habitat besar di Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Ikan ini sangat mudah untuk dipelihara, oleh karena itu sangat direkomendasikan bagi para pemula yang ingin memelihara ikan hias air asin.

Dengan bentuk dan coraknya yang bergaris hampir menyerupai sayap kupu-kupu oleh karena itu dinamakan Butterfly Fish.

Akan sangat indah sekali pesona ikan tersebut jika dijadikan hiasan ruangan dalam aquarium yang berukuran besar agar ikan tersebut bisa berlari bebas.

Demikian sedikit informasi tentang ikan hias air laut yang mudah untuk dipelihara. Semoga bisa menambah pengetahuan bagi para pecinta ikan hias yang ingin mencoba hal baru. Terimakasih